Saturday 27 December 2014

Maksud dan Kepentingan Creativ Common Lisense Dalam Laman Web.





http://mirrors.creativecommons.org/movingimages/webm/WannaWorkTogether_360p.webm

Pengertian :

“Creative Common membantumu mempublikasikan hasil karyamu secara online dan memberi peringatan orang lain apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan hasil karyamu. Dengan Creative Common License, kamu memegang hak cipta tetapi mengijinkan orang lain meng-copy dan mendistribusikan karyamu selama mereka memberikan credit dan hanya dengan syarat yang telah disebutkan” (www.ipietoon.com).
           
Ada 6 jenis lisensi Creative Commons ini yaitu :

  • Attribution (CC-BY)
  • Attribution Share Alike (CC-BY-SA)
  • Attribution No Derivatives (CC-BY-ND) (
  • Attribution Non-Commercial (CC-BY-NC)
  • Attribution Non-Commercial Share Alike (CC-BY-NC-SA)
  • Attribution Non-Commercial No Derivatives (CC-BY-NC-ND)

              Seperti versi saat ini, seluruh creative commons lisences mengijinkan “Hak” untuk membagikan kembali karya kita untuk tujuan non-komersial dengan tanpa modifikasi karya tersebut. Untuk Software, Creative Commons terdapat dalam 3 pilihan lisensi yaitu lisensi BSD, Lisensi Creative Commons (CC) GNU LGPL , dan Lisensi Creative Commons (CC) GNU GPL.
Creative Commons adalah sebuah organisasi non profit yang berkedudukan di San Fransisco, California, Amerika Serikat.

              Organisasi ini berkomitmen untuk memperluas batas-batas dunia kreatif sehingga bisa dengan legal untuk dapat saling berbagi. Organisasi ini telah merilis beberapa hak cipta lisensi yang dikenal dengan Creative Commons lisensi atau Lisensi Bersama atas dasar kreatifitas yang dapat tersedia dengan gratis untuk publik. Lisensi ini memperbolehkan pencipta untuk mengkomunikasikan hak mereka dengan syarat, dan dengan hak mereka untuk menghindarkan keuntungan penerima atau pencipta lain. Salah satu projek berbasis internet terkemuka yang menggunakan lisensi ini adalah wikipedia.Organisasi Creative Commons didirikan pada tahun 2001 dengan dukungan yang luar biasa dari seluruh masyarakat. Hak Cipta berbasiskan lisensi ini pertama kali dirilis pada December 2002.Organisasi ini memiliki visi berbunyi Invest in the future of creativity and knowledge.
Menurut kabar angin, pengusaha-pengusaha muda Bandung yang bergerak di bidang Distro akan mengajukan hak cipta berbasis Creative Commons License bagi setiap produk-produk kaos kreatif mereka.

              Lisensi hak cipta kami merupakan paduan desain "tiga lapisan" yang unik dan inovatif. Setiap lisensi dimulai dengan alat hukum tradisional, dalam bahasa dan format yang akrab dengan para ahli hukum. Kami menyebutnya sebagai lapisan Lisensi Lengkap dari setiap lisensi.Tapi karena kebanyakan pencipta, pendidik, dan ilmuwan bukanlah pengacara, kami juga membuat lisensi ini dalam bentuk yang lebih mudah - Lisensi Ringkas (bentuk ringkas dari lisensi). Lisensi Ringkas adalah panduan singkat untuk pemberi dan penerima lisensi, mengekspresikan beberapa istilah dan kondisi yang paling penting. Ini merupakan tampilan ramah pengguna dari Lisensi Lengkap di bawah, walau teks Lisensi Ringkas tidak memiliki kekuatan hukum, dan isinya tidak muncul pada Lisensi Lengkap.

            Lapisan akhir dari desain lisensi mengakui bahwa perangkat lunak, dari mesin pencari sampai dengan perangkat produktivitas kantor sampai dengan penggubah musik, memainkan peran besar dalam penciptaan, penyalinan, penemuan, dan distribusi ciptaan. Dalam rangka memudahkan Web untuk mengetahui kapan ciptaan tersebut tersedia di bawah lisensi Creative Commons, kami menyediakan versi lisensi yang "terbaca mesin" - ringkasan dari kebebasan dan kewajiban penting yang ditulis dalam bentuk yang dapat dibaca sistem perangkat lunak, mesin pencari, dan jenis teknologi lainnya. Kami mengembangkan sebuah cara standar untuk menggambarkan lisensi yang dapat mengerti oleh perangkat lisensi disebut CC Rights Expression Language (CC REL).

            Kemudahan pencarian konten terbuka adalah fungsi penting yang kami kembangkan. Anda dapat menggunakan Google untuk mencari konten Creative Commons, mencari gambar di Flickr, mencari album di Jamendo, dan mencari media secara umum di spinxpress. Wikimedia Commons, penyimpanan multimedia dari Wikipedia, adalah pengguna utama dari lisensi kami.

Secara bersama-sama, ketiga lapisan lisensi memastikan bahwa spektrum hak cipta bukanlah sekadar konsep hukum. Hal ini adalah sesuatu yang dapat dipahami oleh pencipta, pengguna ciptaan, dan bahkan oleh Web.


No comments:

Post a Comment